-->

Cerita Ki Moko Yang Menghadirkan Api Tak Kunjung Padam

Pada abad ke 16 tepatnya pada tahu 1605 terdapat seorang yang memilki kesaktian yang luar biasa dengan menyembuhkan banyak orang...
Ki Moko bernama asli Raden Wignyo hanyalah seorang yang hidupnya cukup sederhana dan kegiatan sehari-harinya sebagai pencari ikan di laut madura tepatnya di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan.

Tepatnya di wilayah tersebut terdapat obyek Api Tak Kunjung Padam yang memiliki cerita rakyat yang sangat legendaris dan bersejarah di Kota Arek Lancor ini. tempat itu ada yang menyebutnya Dhangka yang diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu Rumah.

Api yang menyala tersebut, selalu muncul kobaran api yang masih banyak di manfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Sejarah Perjalanan Ki Moko di Pulau Madura

Pada abad ke 16 tepatnya pada tahu 1605 terdapat seorang yang memilki kesaktian yang luar biasa dengan menyembuhkan banyak orang dengan berbagai penyakit.

Pada suatu hari, terdengar berita bahwsannya ada salah satu Raja dari kerajaan Palembang bersama para rombongannya akan berkunjung ke tempat kediamaan Ki Moko karena sebelumnya telah menyembuhkan penyakit sang putri raja.

Waktu pengobatan sebelumnya, Ki Moko pernah memberi Bungbung atau Bumbung Bambu kepada sang raja yang didalamnya berisi mata ikan laut yang dikirimka lewat salah satu pengikutnya.

Ketika sang raja membukanya menjadi terkejut dan kaget, karean mata ikan sebelumnya ada di dalam menjadi permata intan yang dapat menyembuhkan putrinya yang sedang sakit.

Dengan kejadian tersebut, Sang Raja Palembang ingin memberi balasan kepada Ki Moko atas jasanya dengan menikahkan putrinya yang disembuhkan dengan beliau. sehingga kediaman Ki Moko yang awalnya hanya biasa-biasa saja, di sulap menjadi luar biasa agar tidak mengecewakan kehadiran sang Raja.

Hiasan tersebut, tak lepas dari salah satu penerangan yang menggunakan api karena pada zaman dahulu belum adanya listrik seperti sekarang ini. tanpa sengaja, Ki Moko menancapkan tongkatnya ke bawah tanah dan atas mukjizat Allah S.W.T, mengeluarkan api yang hingga sekarang ini tetap menyala.




Penutup
Itulah cerita Ki Moko yang menghadirkan Api Tak Kunjung Padam. Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website maduracity - semoga postingan diatas bermanfaat bagi para pembaca.