-->

Asal Usul Desa Tagungguh Tanjung Bumi Bangkalan

Tagungguh memililiki sejarah cerita yang melegendaris dari sebuah tokoh...
Desa Tagungguh merupakan nama desa di kecamatan tanjung bumi kabupaten bangkalan yang berada di daerah pantura bangkalan di sisi sebelah selatannya. wilayah ini berbatasa dengan kecamatan sebelahnya yakni kokop.

Sejarah Desa Tagungguh Tanjung Bumi Bangkalan

Tagungguh memililiki sejarah cerita yang melegendaris dari sebuah tokoh. informasi yang didapat yakni dari akun web tagungguh.blosgspot yakni sebagai berikut:

" Pada jaman kerajaan dahulu, sebelum menjadi nama desa Tagungguh, Ada salah satu seorang yang hidupnya sangat sederhana. Namun, dari kesederhanaannya masyarakat sekitarnya tunduk dan patuh kepadanya.

Pada setiap kesehariannya tokoh tersebut selalu bercocok tanam. ketika musim kemarau tiba dan  tanaman tersebut diserang oleh Hama, pada saat itu tokoh tersebut meminta pertolongan pada Allah SWT. Dengan pertolongannya kini melalui mimpi supaya ditaburkan tanaman tongguh.

Kemudian dari tanaman tersebut akhirnya berhasil menjadi seperti pada umumnya. pada saat itu juga masyarakat memberikan nama kepada tokoh yang memberikan solusi tersebut dengan sebutan nama Pak Tongguh.

Pada suatu hari pak tongguh mengumpulkan masyarakat dan berwasiat jika nanti saya meninggal dunia supaya dikuburkan di dusun ini.

Sepeninggal Pak Tongguh masyarakat sekitar memberikan nama Dusun Tagungguh dan pada jaman Belanda Dusun Tagungguh menjadi Desa Tagungguh.

Sehingga Kepala Desa yang pertama dari keturunan Pak. Tongguh. Sampai hari ini sebagian tokoh dan sesepuh Desa Tagungguh bahwa di desa Tagungguh ada beberapa kepala Desa yang sempat diketahui adalah :
  1. H.DAHLAN 36 th
  2. H.MOCH MUNIR 11 th
  3. H.NAHRAWI 16 th
  4. H.BEHRUDIN 16 th
  5. MARHAYAT 9 th
  6. HOTIBAH Pjs Sampai Sekarang
Dari perjalanan kepala desa di desa tagungguh yang pernah menjabat sebagai kepala desa. Pembangunan yang telah di capai selama kepemimpinannya sangat banyak perubahan dari masa ke masa.

Dari segi pelayanan sangat mendahulukan kepentingan masyarakatnya, keamanan sangat kondusif dan dai pertanian banyak dari pihak pemerintah banyak memberikan bantuan dan juga dari segi sarana prasarana/ jalan dan penerangan sudah membaik hingga sekarang ini.


Penutup
Itulah asal usul desa tagungguh tanjungbumi bangkalan yang historisnya melegenda karena berawal sebuah tokoh masyarakat.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website maduracity - semoga postingan diatas bermanfaat bagi para pembaca.